Rabu, 22 Desember 2010

kesalaha sains pada film BRAM STOCKER'S DRACULA

BRAM STOCKER'S DRACULA, 1992
Bram Stocker's Draculapertama kali terkenal di Eropa, kemudian meluas sampai ke Asia. legenda vampir ini diadaptasi dari novel fiksi yg diterbitkan pertama kali pada taun 1897. Kemudian pada tahun 1931, seorang sutradara Amerika, Browning, membuatnya menjadi sebuah film dan meraih kesuksesan. Setelah itu banyak film yg berkisah tentang dracula dibuar, tetapi yang paling terkenal adalah Interview with The Vampire yang dibintangi TOm Cruise.


Inilah kesalahan sainsnya,
Pakah kandungan kalori yg ada dalam darah cukup utk melaskukan aktivitas sehari-hari??
Darah meliputi 8% dari berat tubuh manusia. Dalam 100 gr darah mengandung 27 kal.
Makanan mengandung nutrisi yg akan diserap oleh usus. Sedangkan darah mngandung oksigen yg akan diserap oleh paru-paru. Darah sangat dibutuhkan untuk mengantarkan nutrisi yg dibutuhkan oleh seluruh jaringan tubuh.
Darah memang mengandung kalori, tetapi masalahnya kalori yg dibutuhkan oleh tubuh juga lebih banyak.
Misalnyaa, berat badan seorang wanita dewasa 50 kg dan memiliki darah sekitar 8% dari berta tubuhnya atau sekitar 4kg. Itu artinya kalori yg dibutuhkan seorang wanita dewasa adalah sekitar 1.025 kkal.

Kalau berat badan pria dewasa rata-rata 65 kg, berarti dalam sehari dia membutuhkan 2500 kkal atau 2,5 kali kebutuhan kalori wanita dewasa.

Atu lagi!! Berdasarkan novel aslinya, drakula memiliki kekuatan yg sama dengan 20 orang. Berarti drakula harus meminum 50 orang dalam satu malam. Satu malam lamanya12 jam, jadi setiap satu jam drakula harus mencari empat orang supaya bisa bertahan hidup.
50 oang sama dengan 200 liter darah, kalo minum darah sebanyak itu pasti perutnya kembung. Benar-benar aneeeh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar